Home » , , » Ekskul Jurnalistik; Sarana Mengembangkan Bakat dan Minat Kepenulisan Siswa

Ekskul Jurnalistik; Sarana Mengembangkan Bakat dan Minat Kepenulisan Siswa

 
Rabu 21/10 pukul 15:40 Wib. Beberapa Siswa SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Cilacap, mengikuti kelas (baca: ekstrakurikuler) Jurnalistik. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa dari berbagai kelas kejuruan meliputi Teknik Komputer dan Jaringan, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi.
Ekstrakurikuler tersebut diadakan dengan harapan dapat mengembangkan bakat dan minat tulis-menulis para siswanya. Jurnalistik itu sendiri merupakan kegiatan tulis menulis yang didasarkan pada tekhnik dan ilmu mengenai kepenulisan. Ekstrakurikuler jurnalistik dilaksanakan dengan diawali pengenalan maupun pengertian jurnalistik itu sendiri.
Samsul Ma'arif (26) merupakan Guru yang mengajar mengenai kegiatan jurnalistik tersebut mengungkapkan bahwa seorang jurnalis tidak pantas disebut jurnalis jika ia tak pernah menulis. Kegitan ini akan menjadi kegiatan rutinan pada setiap hari Rabu pada tiap minggunya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menjadikan siswa dapat menjadi Jurnalis yang berkopeten dalam menyajikan informasi,”ungkap Priyatin (17), salah seorang peserta. Ia mengimbuhkan bahwa kegitan ini akan menghasilkan generasi Aktif, kreatif dan inovatif dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.
 

”Siswa juga belajar cara menulis berita, dari mulai mendapatkan berita, mengolahnya dan meublikasikan berita tersebut,” ujar Sugeng (17). Dia juga memaparkan bahwa kelas tersebut dapat juga membuat siswa belajar bersosialisasi dan kerjasama antar siswa yang lain maupun dalam dunia masyakat tentunya.

Wahyuni & Sugeng

Featured Posts